Pondok Holistik - 7

Pondok Holistik - 7


Entrepreneurship

Posted: 01 Nov 2014 06:50 AM PDT




Entrepreneurship
Istilah kewirausahaan pada dasarnya merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapinya.

Peter F Drucker
Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

MENGAPA MESTI JIWA?
Kewirausahaan bukan faktor kecerdasan akademis (Hard-Skill).

Kewirausahaan adalah Jiwa Dinamis membuat Tantangan menjadi Peluang (Soft Skill).

DARI MANA MEMULAI ?
·         KEAHLIAN/PRODUK YG SUDAH ADA: menjual sesuatu yang bisa saya lakukan atau yang bisa saya buat atau yang sudah ada
·         PASAR YANG SUDAH ADA: melakukan  atau membuat sesuatu yang bisa saya jual 

PRODUK YANG BISA DIJUAL
·         Produk yang menyangkut hajat hidup manusia.
·         Produk yang memudahkan kehidupan manusia.
·         Produk yang memberikan keamanan kehidupan manusia.
·         Produk yang memberikan kenyamanan manusia.
·         Produk yang memberikan status yang lebih tinggi.

JASA YANG BISA DIJUAL
·         Jasa yang menyangkut; karena seseorang tidak mampu melakukannya
·         Jasa yang menyangkut; karena seseorang tidak mau melakukannya
·         Jasa karena hasil kreativitas marketer sehingga konsumen harus membelinya

HUKUM PRODUK
·         Produk yang menyangkut hajat hidup senantiasa tersedia relatif berkecukupan.
·         Produk yang menyangkut kemudahan hidup tersedia sesuai dengan daya beli masyarakat.
·         Produk yang menyangkut status tersedia  sangat terbatas karena menyangkut selera sedikit orang.

HUKUM JASA
·         Jasa yang bersifat massal cenderung berorientasi pada harga
·         Jasa yang bersifat personal cenderung berorientasi pada tingkat layanan
·         Jasa yang menyangkut kesenangan cenderung spesifik dan tak terstruktur

PILIHAN MASUK
·         Produk/jasa primer ; kemungkinan laku relatif besar dengan margin terbatas karena pelakunya cenderung banyak.
·         Produk/jasa skunder ; pasarnya mulai tersegmen jelas, persaingan relatif longgar.
·         Produk/jasa tertier ; pasarnya terbatas, konsumennya khusus, margin bisa tidak terbatas.

PRODUK FAST MOVING
·         Produk ini diburu konsumen, namun pelaku jualnya relatif banyak.
·         Diferensiasi ditempuh oleh kebanyakan penjual untuk meraih ceruk pasar yang diinginkan.
·         Stocking harus dikendalikan agar ketersediaan barang aman.

PRODUK FOLLOWER (Me Too)
·         Aqua sebagai pionir harus menerima kenyataan diikuti ratusan jenis produk sejenis
·         Amikom publikasi di koran dan tv untuk pertama kali diprotes, realita menunjukkan sekarang hampir semua PTS melakukannya
·         Sistem franchise yang dulu dimusuhi diam-diam kini diikuti.

TAHAPAN YANG DILALUI
·         Kreativitas.
·         Pertumbuhan.
·         Pendelegasian.
·         Pengembangan.
·         Kerjasama.

KESIAPAN BERUBAH = BERUPA CARA PANDANG
·         Berubah memerlukan keberanian
·         Berubah  berarti terjadi inovasi
·         Berubah menjanjikan keuntungan
·         Berubah menghasilkan energi berkelimpahan

KUNCI 5 SISI
·         Ilmu; ilmiah, alamiah dan amaliah
·         Informasi; bernilai guna, akurat dan tepat waktu.
·         Intuisi; mempertajam 'bisikan' bawah sadar.
·         Inisiatif; lebih baik memulai,  dari pada gagal memulai.
·         Ikhtiar; Bisa – Harus Bisa – Pasti Bisa.



----------------------------------------------------------------------------- Body & Soul Harmony
PONDOK HOLISTIK - 7
Jl. Kaliurang Km. 7,3 No. 37 Yogyakarta 55282
Hotline. +62 274 925.3434 Phone. +62 821.3844.3434 SMS. +62 896.7503.3434
Email. pondokholistik7@gmail.com Website. www.pondokholistik7.com
Share: